Inilah Cara Jitu Merawat Sparepart Kampas Rem Mobil Agar Awet

 On 2015-11-27  

Sparepart kampas rem mobil merupakan komponen penting yang harus terus diperhatikan, karena ini merupakan alat yang vital untuk keselamatan dalam berkendara. Banyak pengemudi begitu cuek dalam hal ini, membiarkan begitu saja kampas rem baik cakram maupun tromol hingga terkadang sampai menipis pun tidak diketahui. Eloklah mengpa banyak terjadi kecelakaan di jalan yang disebabkan oleh rem yang blong, kampas rem cakram atau tromol yang tidak memiliki fungsi seutuhnya.

Dampak kampas rem mobil yang telah menipis dan menggumpalkan banyak debu lumpur sehingga menimbulkan karat pada tromolnya. Fenomena ini sebenarnya tidak harus terjadi jika Anda tahu cara merawat sparepart kampas rem mobil agar awet dan tahan lama. Biasanya penyebeb utama kampas rem menipis bukan karena kita sering melakukan pengereman, akan tetapi adanya kotoran yang menumpuk pada kampas rem tersebut. Sehingga ketika kita menginjak rem maka kotoran tersebut akan bergesek pada kampas maupun tromol didalamnya.

Jika jalan berlumpur atau basah, akan memicu timbulnya karat, nah untuk membersihkannya gunakan anti karat rexco yang telah terbukti secara ampuh merontokkan karat pada setiap partikel sparepart mobil. Itulah sebabnya mengapa saya memilih rexco dibandingkan merk lain.

Mengetahui Kampas Rem Sudah Habis Atau Belum


Ada beberapa tanda yang mana Anda harus peka terhadap hal ini agar mengetahui ciri-ciri kampas rem mobil anda sudah habis dan layak diganti atau belum. Seperti yang telah saya katakan tadi, debu merupakan pemicu terjadinya biang kerusakan dan cepatnya kampas rem mobil habis.

Nah selain berpedoman pada kilometer yang ditempuh, pecinta otomotif juga ada baiknya mengetahui bagaimana tanda-tanda kampas rem mobil sudah mulai habis, berikut adalah gejala kampas rem mobil yang sudah mulai habis:

Kedalaman Pijakan Rem
Jika pecinta otomotif menginjak pedal rem terlalu dalam atau semakin dalam (berbeda dari biasanya) maka itu merupakan indikasi awal bahwa kampas rem mobil mulai habis (berkurang)

Rem Bergetar
Jika pecinta otomotif menginjak pedal rem kemudian pedal rem tersebut terasa bergetar saat di injak, maka itu salah satu indikasi kampas rem telah habis. Biasanya kampas rem yang habis memiliki permukaan yang tidak lurus (rata) sehingga ketika ditekan permukaan tersebut mencengkeram cakram tidak sempurna yang menimbulkan getaran

Suara Rem
Timbulnya suara seperti gesekan antar logam akan terjadi saat pecinta otomotif menginjak pedal rem yang kampasnya sudah habis, kampas rem yang habis tersebut biasanya sudah terlalu parah sehingga tinggal besinya saja. Nah besi pada kampas tersebut bergesekan dengan cakram rem (juga besi) sehingga terjadi suara gesekan, suara mendecit juga bisa mengindikasikan habisnya kampas rem.

Minyak Rem Turun
Salah satu indikasi habisnya kampas rem adalah berkurangnya volume minyak rem (minyak rem terlihat turun), periksa minyak rem yang ada di tabung reservoir dan jika minyak rem turun maka kampas rem kemungkinan akan habis, dan beberapa tanda lainnya.

Gunakan Kampas Rem Berkualitas untuk Tromol dan Cakram Merk MK Kashiyama


Banyak merk kampas rem yang dijual di pasaran atau bengkel dengan segala merk, namun saya merekomendasikan kepada Anda untuk mencoba MK Kashiyama merek spare part mobil untuk rem cakram, rem tromol dan kampas rem berkualitas terbaik di Indonesia. Sebelum dipasarkan, sparepart ini sudah mengalami uji coba kelayakan produk hingga memiliki sertifikat resmi Standar Nasional Indonesia.

merawat kampas rem cakram mobil
kampas rem cakram dan tromol mobil merk MK Kashiyama

Beberapa kelebihan atau keuntungan menggunakan rem cakram pada mobil adalah
  1. Pelepasan panas yang lebih baik atau pembuangan panas yang lebih baik
  2. Apabila bagian-bagian rem terkena air, bisa lebih cepat kering.
  3. Konstruksi sistem rem yang lebih sederhana, dan
  4. Rem cakram pada mobil lebih mudah dalam hal perawatan.

Tipe rem cakram ini hanya terdapat satu piston, tekanan hidrolis dari master cylinder mendorong piston untuk menekan brake pad sisi bagian dalam, pad saat yang bersamaan caliper juga menekan brake pad bagian luar untuk menjepit piringan cakram, ini karena terdapat pen caliper yang bisa membuat caliper bergerak.
Inilah Cara Jitu Merawat Sparepart Kampas Rem Mobil Agar Awet 4.5 5 reni juliani 2015-11-27 Tips dan cara merawat serta memlihara sparepart kampas rem cakram mobil merek MK Kashiyama agar tetap awet dan tahan lama Sparepart kampas rem mobil merupakan komponen penting yang harus terus diperhatikan, karena ini merupakan alat yang vital untuk keselamatan...


Back to top