Membedakan Spare Part Asli Atau Palsu

 On 2015-12-01  

Indonesia merupakan salah satu negara potensial yang masyarakatnya memiliki daya beli tinggi untuk berbagai macam produk seperti otomotif. Sehingga ini menjadi lirikan oleh pemain bisnis nakal untuk meraut keuntungan dengan memproduksi barang-barang palsu yang hampir menyamai produk aslinya. Maraknya pemalsuan terhadap komponen kendaraan pastinya menimbulkan perhatian besar dikalangan konsumen. Karena itu patut dicermati sebelum membeli sebuah suku cadang baik motor atau mobil agar tak mendapatkan yang palsu.

Suku cadang mobil “aspal” (Asli tapi palsu) jelas merugikan konsumen. Bagaimana tidak? Barang-barang aspal sengaja dibuat sedemikan rupa hampir sama persis dengan yang aseli oleh pihak tak bertanggung jawab. Padahal secara harga, bisa jadi tidak berbeda jauh dengan yang aseli. Walah…Mau ngirit malah ngorot (boros)!

Teliti Sebelum Membeli Spare Part Agar Tidak Tertipu


Namun biasanya tidak dikemas secara identik dengan logo "genuine" melainkan dikemas dengan merknya sendiri. hal ini sering disebut sebagai part aftermarket untuk jenis yang berkualitas baik, atau juga kadang dibilang KW kalau kualitasnya dibawah orisinil. Jika kampas rem kendaraan yang dipakai rusak, maka sangat disarankan untuk menggantinya dengan kampas rem yang baru. Dengan demikian maka resiko kecelakaan akan bisa diminimalisir sehingga tidak membahayakan para pengguna kendaraan. Dan untuk memilih kampas rem haruslah teliti karna tidak jarang para penjual kampas rem menjual barang-barang yang palsu sehingga kampas rem yang dijual memiliki kualitas yang kurang bagus.

Spare part mobil: MK Kashiyama merek spare part mobil untuk rem cakram, rem tromol dan kampas rem berkualitas terbaik di Indonesia

Persamaan antara parts asli dan tiruan dikarenakan proses pembuatannya yang sama, yakni dari bahan dasar berwujud tepung, kemdian dipadatkan, direkatkan dan dipanaskan. Maka dari itu akan sulit bagi orang awam untuk membedakan mana kampas asli dan mana yang tidak asli. Hanya teknisi berpengalaman saja yang dapat mengetahuinya.

Cara Yang pertama untuk mengetahui bahwa kampas rem yang kita beli tersebut asli atau palsu adalah dengan melihat kode-kode di bagian kampas rem. Kampas rem yang asli buatan dari pabrik akan dibekali dengan pain indicator yang dapat diketahui oleh quality control serta teknisi dan sedangkan kampas rem yang palsu (KW) tidak memiliki kode seperti itu. Kampas rem yang palsu relative memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan kampas rem yang asli karena kampas rem yang palsu tidak diproduksi secara resmi oleh pabrik.

Spare part motor: RCA sparepart motor berkualitas terbaik dengan harga terjangkau di indonesia

Melihat banyaknya para penjual yang menjual barang palsu (KW), maka saran saya adalah untuk membeli barang-barang onderdil kendaraan yang termasuk kampas rem di toko atau dealer resmi dari produsen kendaraan yang dimiliki sehingga lebih terjamin kualitas dan keaslianya.

Kreteria Membandingkan Mana Spare Part Asli Atau Palsu


Konsumen harus lebih cermat dalam memilih komponen suku cadang agar tak mendapatkan yang palsu. Caranya, dengan beberapa langkah berikut:

1. Harga
Tidak dapat dipungkiri, harga menjadi satu dari sekian banyak alasan mengapa konsumen memilih sebuah suku cadang tertentu. Namun perlu diingat, bila pedagang menawarkan harga yang miring untuk suku cadang merek kendaraan tertentu, Anda perlu waspada. Sebab boleh jadi suku cadang yang ditawarkan itu palsu. Karena menurut Justisiari, pedagang suku cadang palsu rata-rata mengiming-imingi harga murah kepada konsumen agar mereka tertarik membeli suku cadang palsu. "Tapi hati-hati juga, karena saat ini biasanya beda harganya cukup tipis dengan suku cadang yang asli," paparnya.

2. Kemasan
Kemasan atau bungkus dari komponen suku cadang yang asli biasanya memiliki warna serta tulisan yang lebih jelas dibandingkan suku cadang palsu. Selain itu, suku cadang yang bukan original pun kerap kali memiliki kemasan yang pudar.

3. Bahan komponen yang digunakan
Setelah kemasan dibuka, biasanya akan terlihat komponen suku cadang yang dimaksud. Anda dapat memperhatikan secara detil seperti apa bahan yang digunakan pada komponen itu. Biasanya suku cadang palsu menggunakan komponen yang lebih memiliki mutu rendah dibanding yang asli. "Kalau yang asli misalnya pakai material baja, biasanya yang palsu cuma besi atau bahkan plastik.

4. Garansi
Perhatikan pula garansi yang diberikan oleh pihak penjual. Jika barang yang dimaksud asli, maka penjual akan memberikan garansi langsung dari produsen kendaraan yang bersangkutan, misalnya Honda, Yamaha,Suzuki dan sebagainya. Namun kalau penjual hanya memberikan garansi toko atau garansi distributor, bisa dipastikan suku cadang itu palsu. Selain itu sebisa mungkin carilah toko-toko yang memasnag label "Genuine Part". Karena dengan begitu biasanya si penjual sudah diberikan lisensi oleh produsen kendaraan yang dimaksud untuk menjual komponen suku cadangnya.

5. Lakukan servis di bengkel resmi
Ini merupakan bentuk tindakan paling aman. Karena dengan Anda melakukan servis berkala di bengkel-bengkel resmi kendaraan bermotor, maka otomatis produk suku cadang yang digunakan pun asli. Dan bila Anda masih memiliki kendala setelah melakukan servis, Anda langsung kembali ke bengkel tempat Anda melakukan servis tersbeut, karena biasanya mereka memberikan garansi.

Artikel lain: Mengapa saya memilih REXCO dibandingkan merk lain?

Sebenarnya dengan membeli sparepart resmi dari pabrikan, para pemilik kendaraan akan mendapatkan banyak sekali kelebihan, misalnya saja dari segi kualitas tentu jauh lebih unggul. Selain itu konsumen pun juga akan mendapatkan garansi yang berlaku sehingga apabila terdapat cacat pada komponen tersebut dengan mudah bisa ditukar kembali di tempat yang anda beli sebelumnya. Untuk itulah mulai biasakan diri dengan membeli langsung dari dealer, meskipun memiliki harga lebih tinggi namun anda akan merasakan kenyamanan dan keamanan yang jauh lebih baik.
Membedakan Spare Part Asli Atau Palsu 4.5 5 reni juliani 2015-12-01 Tips dan cara bagaimana membedakan spare part asli atau palsu untuk kendaraan motor dan mobil. Indonesia merupakan salah satu negara potensial yang masyarakatnya memiliki daya beli tinggi untuk berbagai macam produk seperti otomotif. ...


Tidak ada komentar :

Back to top