Tips Travelling Murah ke Jogja Bersama Keluarga

 On 2019-08-26  

Bagi anda yang berencana untuk travelling ke jogja, rasanya memang penting untuk mengetahui tips travelling murah ke Jogja (Yogyakarta) agar liburan lebih menyenangkan tanpa harus merasa was – was budget membengkak.

Jika Anda tidak mau repot mengatur rundown tour, Anda dapat menggunakan biro perjalanan dan wisata di jogja. Apabila demikian, kami merekomendasikan Kartanesia Tour yang telah membuat paket wisata jogja lengkap berbiaya hemat.

5 Tips Travelling ke Jogja (Yogyakarta)

Tips Travelling ke Jogja

Bagi anda yang memiliki rencana berwisata ke Jogja namun terkendala masalah budget yang minim, tak perlu khawatir karena ada beberapa tips travelling.

1. Booking Tiket Secara Online


Booking tiket secara online. Usahakan dilakukan jauh – jauh hari agar anda bisa memilih tiket promo yang pastinya harga lebih murah. Bisa tiket pesawat, kereta maupun bus. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya anda menggunakan kendaraan pribadi.

2. Manfaatkan Homestay atau Rumah Teman


Jika tujuan anda adalah menghemat biaya, maka anda harus berpikir cermat. Anda bisa memilih homestay yang biasanya tarif menginapnya lebih murah. Atau jika anda memiliki teman atau sahabat, anda bisa menginap dirumah teman atau sahabat tersebut selama berlibur di Jogja.

3. Kuliner di Area Kampus atau Angkringan


Wisata kuliner tidak harus di tempat mahal atau terkenal. Agar lebih hemat budget, ketika libur di Jogja anda bisa memilih area kuliner atau tempat makan yang dekat dengan kampus. Karena biasanya harganya lebih murah alias harga mahasiswa.

4. Jangan Malu Menawar Saat Membeli


Ketika berbelanja oleh – oleh atau membeli apapun jangan pernah malu untuk menawar karena dengan begitu anda akan mendapatkan harga yang lebih murah. Jadi intinya, Tips travelling agar tidak membuat dompet anda tipis adalah jangan malu untuk tawar – menawar.

5. Gunakan Transportasi Umum


Menggunakan transportasi umum, bisa memilih bus atau ojek untuk berkunjung dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Hindari untuk menggunakan taksi dan semacamnya agar budget tidak membengkak.

Jogja Masih Menjadi Destinasi Wisata Favorit


Berikut ini ada beberapa alasan mengapa jogja (Yogyakarta) menjadi salah satu destinasi favorit oleh para traveller lokal maupun mancanegara:

Jogja Sebagai Kota Pelajar


Siapa yang tak kenal dengan Yogyakarta. Kota yang disebut juga dengan Jogja ini memang menjadi salah satu kota besar yang tersohor di Indonesia. Tentunya ada banyak alasan mengapa akhirnya Jogja menjadi salah satu kota yang dilirik oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Jogja Masih Menjadi Destinasi Wisata Favorit


Membahas kota Jogja selain mengenai kota pelajarnya tentu tak lepas dari wisatanya. Wisata yang ditawarkan oleh kota Jogja memang selalu menarik. Saat musim liburan tiba, Jogja masih menjadi pilihan favorit bagi sebagian besar wisatawan. Bahkan tak hanya wisatawan lokal saja karena keindahan Jogja juga mulai dikenal oleh wisatawan mancanegara.

Keunikan Budaya dan Tradisinya


Sebenarnya ada banyak hal yang membuat Jogja memang menarik dan istimewa. Namun tentunya setiap orang memiliki alasan atau kriteria tersendiri untuk menilai suatu kota tersebut menjadi menarik atau tidak. Dan untuk kota Jogja sendiri memang memiliki daya tarik yang beragam, diantaranya sebagai berikut :

Tradisi dan Budaya yang Masih Dilestarikan


Disadari atau tidak, Jogja adalah salah satu kota yang masih sangat melestarikan budaya. Masih bisa terlihat bahwa kota ini memang menjaga tradisi dari para leluhur namun juga tetap mengikuti trend maupun perkembangan jaman. Dan tradisi ini masih sangat kental dan bisa dirasakan.

Keramahan Warganya


Jogja juga dikenal dengan masyarakatnya ramah dan lemah lembut. Mungkin sudah menjadi tradisi turun – temurun sehingga secara natural masyarakat Jogja sudah memiliki sifat yang sama. Keramahan inilah yang akhirnya membuat banyak wisatawan merasa nyaman ketika berlibur ke Jogja.

Keragaman Pilihan Wisatanya


Alasan lain yang membuat Jogja menarik adalah keragaman wisatanya. Jogja memang menawarkan beragam wisata yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Misalnya saja :

  • Wisata alam
  • Wisata pantai
  • Wisata sejarah
  • Wisata budaya
  • Wisata hiburan
  • Wisata belanja
Jogja memang selalu dipilih sdbagai destinasi wisata oleh banyak orang. Setiap musim liburan tiba, Jogja selalu padat dengan wisatawan dari berbagai penjuru. Namun tentunya mengunjungi Jogja ketika musim liburan tiba, akan terasa kurang nyaman karena sebagian besar tempat wisata Jogja akan lebih padat pengunjung.

Akan lebih baik jika anda berkunjung ke Jogja ketika hari biasa saja karena dengan begitu suasana Jogja tidak begitu padat sehingga anda bisa lebih leluasa untuk mengeksplor segala keindahan yang ada dikota ini. Alternatif pilihan lain yang bisa dipilih untuk mengunjungi Jogja adalah saat malam tahun baru karena dimalam tahun baru inilah Jogja menawarkan beberapa spot atau lokasi untuk menikmati kemeriahan pergantian tahun.

11 Tempat Wisata di Jogja Yang Ramai Dikunjungi Wisatawan


Beberapa tempat yang bisa anda kunjungi di Jogja saat malam tahun baru misalnya:

  • Titik Nol Kilometer
  • Malioboro
  • Alun – alun Kidul
  • Tugu Jogja
  • Sindu Kusuma Edu Park
  • Jogja Bay
  • Taman Pelangi
  • Candi Prambanan
  • Bukit Bintang
  • Hutan Pinus Imogiri
  • Pantai Parang Tritis

Rekomendasi Destinasi Wisata Populer di Jogja


Sebenarnya terlalu banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Jogja. Pilihannya pun beragam mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata hiburan, wisata belanja sampai wisata kuliner. Namun beberapa tempat wisata berikut bisa dijadikan sebagai pilihannya.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Berkunjung ke Jogja rasanya tak lengkap jika belum datang ke Kraton Yogyakarta. Di dalam kraton ini anda bisa berwisata sekaligus belajar tentang sejarah. Anda bisa melihat suasana kehidupan kraton serta melihat berbagai benda – benda bersejarah di dalamnya. Biasanya akan ada local guide yang siap menemani anda berkeliling.

Malioboro

Malioboro

Malioboro merupakan iconic wisata belanja Jogja yang wajib dikunjungi. Di sini anda bisa menemukan beragam pilihan cendera mata dan oleh – oleh dengan harga yang terjangkau. Dis ini anda bisa menawar agar mendapatkan harga yang murah. Disekitar Malioboro juga terdapat Pasar Beringharjo yang bisa juga dimanfaatkan untuk berbelanja oleh – oleh maupun pernak – pernik khas Jogja dengan harga miring.

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Beralih ke wisata alam, Jogja menawarkan wisata alam yang hits dengan spot – spotnya yang instagramable yaitu Hutan Pinus Mangunan. Jika anda datang saat musim liburan, maka hutan pinus ini akan padat oleh pengunjung.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Selain pegunungan, Jogja juga menawarkan wisata pantai. Ada banyak pantai yang bisa dikunjungi. Namun salah satu pantai yang identik dengan kota Jogja yaitu Pantai Parangtritis. Pantai ini juga memiliki nilai mistik yang menarik untuk digali.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Terakhir Jogja memiliki beberapa wisata sejarah sekaligus budaya yaitu berupa candi. Banyak sekali candi – candi yang bisa dikunjungi saat di Jogja. Namun yang paling populer yaitu Candi Prambanan dan Borobudur.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Untuk Candi Prambanan anda bisa mengetahui cerita rakyat Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang yang melegenda. Ada pula pertunjukkan sendratari Ramayana yang sayang untuk dilewatkan. Kemudian Candi Borobudur jelas merupakan Candi terbesar bagi umat budha di Indonesia sekaligus sebagai salah satu keajaiban dunia.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata lain yang wajib untuk dikunjungi. Namun jika anda kebingungan menentukan destinasinya, maka beberapa tempat diatas bisa dijadikan sebagai alternatif pilihannya. Untuk transportasi, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil jogja yang ada disana.

Tips Travelling Murah ke Jogja Bersama Keluarga 4.5 5 An Nahal 2019-08-26 Jika anda berencana liburan ke Yogyakarta bersama keluarga, ada baiknya anda harus mengetahui tips travelling jogja agar biaya yang Anda keluarkan lebih murah. Bagi anda yang berencana untuk travelling ke jogja, rasanya memang penting untuk mengetahui tips travelling murah ke Jogja (Yogyakarta) agar...


Back to top